Bakti Sosial Donor Darah PMI

Foto: Mahasiswa PGMI

PGMI- Bakti sosial donor darah diselengara oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Islam Negeri Riau bekerjasama dengan unit transfusi darah PMI kota Pekanbaru (30/10/2018)

Mengingat begitu banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia sudah dipastikan pasien yang membutuhkan darah meninggkat sedangkan persediaan stok darah yang ada di PMI menipis PMI UIN Suska bekerja sama dengan unit transfusi darah PMI kota pekanbaru melakukan kegiatan Bakti Sosial Donor Darah.

Aksi Sosial Donor Darah ini terbuka untuk mahasiswa dan pegawai lingkungan kampus ataupun masyarakat di sekitarnya.

Dayah(20), Khairunisa(21), Noni(20), dan Dinil(19) mahasiswa PGMI mengikuti aksi bakti sosial donor darah tersebut. Dayah menuturkan “mendonorkan darah setidaknya dapat membantu memenuhi kebutuhan darah di Bank Darah PMI dan menjadi amal perbuatan yang dapat membantu orang-orang yang membutuhkan”.

Foto : Proses Pengambilan Darah Khairunisa

Sebelum didonor terlebih dahulu mengisi formulir peserta pendonor yang telah disediakan panitia, sebagai bukti apabila terjadi sesuatu hal yang tidak dinginkan terhadi dan dapat dipertanggung jawabkan. Setelah formulir di isi di cek kadar hb. Kadar hb yang boleh mendonor 12,5-17 gr. selanjutnya cek golongan darah , apakah A B Ab atau O. Setalah cek darah lalu ditanyakan, berat badan, makanan yang dimakan terakhir, waktu istarhat berapa lama, 3 hari terakhir apakah ada minum obat. Karena pendonor tidak boleh minum obat selamat 2/3 hari sebelum mendonor, takutnya alergi pada pasien yang akan menerima darah. Selanjutnya cek tekanan darah . Setelah syarat pendonor darah telah oke, maka sipendonor akan diarahkan masuk ke bus tempat diambil darah.

About Husnil Ahfan

Check Also

TOTALITAS KINERJA MAHASISWA PEMILIHAN KETUA ANGKATAN 23 PRODI PGMI TAHUN 2023

PEKANBARU — Jumat (06/10/2023) telah dilaksanakan Pemilihan Ketua Angkatan 23 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah …