PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK (PBAK) ONLINE TAHAP 1: KELUARGA BESAR JURUSAN PGMI FTK UIN SUSKA RIAU SAMBUT MAHASISWA BARU PENUH SUKACITA

PBAK tahun ini berbeda dari biasanya. Untuk pertama kalinya, PBAK di UIN Suska Riau dilaksanakan secara online via platform Zoom Cloud Meeting. Rangkaian PBAK sudah dimulai pada tahun 3 September 2020 Kamis, Pukul 14.00-15.30 dengan berlangsungnya Rapat PBAK se UIN Suska Riau yang ditaja oleh bidang Kemahasiswaan Rektorat dan PTIPD UIN Suska RIAU yang dipimpin langsung oleh Kabag Kemahasiswaan yakni pak Sarmadi. Hasil rapat PBAK adalah bahwa kegiatan PBAK Tahap I di lingkungan UIN Suska Riau akan dilaksanakan  selama 2 hari yaitu pada tanggal 8 – 9 September tahun 2020. Mahasiswa akan mengikuti 3 rangkaian Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yakni tingkat universitas, fakultas dan prodi masing-masing. Aplikasi yang digunakan pun beragam yakni zoom, google meet dan live streaming Youtube sesuai kebijakan masing-masing unit. Persiapan awal yang harus dilakukan oleh masing-masing operator teknis di unit masing-masing adalah mempersiapkan link meeting yang disebarluaskan di website universitas agar dapat disimpan oleh mahasiswa baru.

Peserta PBAK Virtual Tahap 1 Mahasiswa baru PGMI

Sesi pertama berlangsung pada Selasa, 8 September 2020 PBAK Tahap I tingkat Universitas berlangsung selama 1 hari full mulai pukul 06.30-18.15 WIB. PBAK dilaksanakan melalui Zoom Cloud Meeting dipandu oleh TIM PTIPD dengan kapasitas 500 orang  mahasiswa yang berasal dari 8 fakultas dan 43 Jurusan. Bagi mahasiswa yang tidak bisa bergabung di live zoom, maka akan diarahkan mengikuti PBAK live di youtobe. Kemudian Rabu, 9 September 2020 kegiatan PBAK Tahap 1 berlangsung di Tingkat Fakultas dan akan diselenggarakan oleh masing-masing Tim Fakultas dari 8 Fakultas yang ada di UIN SUSKA Riau.

Penyampaian materi PBAK oleh Narasumber H.Subhan, S.Ag., M.Ag. (Ketua Jurusan PGMI)

Sesi kedua PBAK Tahap 1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan berlangsung pada Rabu, 9 September 2020 pukul 07.00-12.00 WIB via platform Zoom Cloud Meeting. Narasumber pada sesi ini adalah Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II dan Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Kegiatan berlangsung dengan khidmat, dan mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari para mahasiswa baru. Bahkan, beberapa diantara mahasiswa baru, memiliki pemikiran-pemikiran yang kritis terhadap model pembelajaran secara daring di era New Normal saat ini.

Penjelasan penggunaan aplikasi administrasi Iraise oleh Pendamping Narasumber, Melly Andriani, M.Pd. (Sekretaris Jurusan PGMI) 
Pendamping Narasumber, Melly Andriani, S.Pd., M.Pd.

Sesi ketiga pada hari yang sama, PBAK tahap 1 berlangsung di Jurusan masing-masing. Narasumber pada sesi ini adalah ketua jurusan PGMI FTK UIN Suska Riau yakni Bapak Subhan, S.Ag., M.Ag. dan pendamping narasumber adalah Sekretaris Jurusan yakni Ibu Melly Andriani, S.Pd., M.Pd. Sedangkan sebagai operator teknis oleh Heldanita, M.Pd. dan pengisi acara pembacaan doa adalah Bapak Zuhri Azhari, S.Sos. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 13.00-14.30 WIB. Rangkaian acara pada sesi ini diantaranya pembukaan oleh MC, Penyampaian materi oleh narasumber, Tanya jawab dan diakhiri dengan pembacaan doa. Pada penyampaian materinya, Ketua jurusan mengawali ucapan selamat datang dan selamat bergabung kepada mahasiswa baru PGMI yang pada PBAK Tahap I ini berjumlah 16 orang. Tidak lupa ketua jurusan mengadakan perkenalan singkat kepada beberapa mahasiswa baru yang ternyata berasal dari berbagai kabupaten bahkan provinsi di luar Riau, diantaranya ada dari Mandailing Natal, Medan, Padang, dan lain sebagainya. Dilanjutkan oleh pendamping narasumber, beliau menyampaikan materinya dengan metode  demonstrasi pengenalan Iraise, SIASY dan aplikasi akademik lainnya dengan harapan mahasiswa baru dapat melihat langsung bagaimana administrasi yang akan mereka lakukan. Sesi materi juga dilengkapi dengan tanya jawab, diantara pertanyaan yang masuk melalui link pertanyaan yang sudah disediakan diantaranya mengenai penilaian tatap muka, terstruktur dan mandiri, kemudian ada juga pertanyaan mengenai output dari lulusan PGMI dan yang terakhir pertanyaan mengenai tenaga kerja guru MI yang dibutuhkan oleh KBRI. Satu jam berlalu, masing-masing narasumber memberikan closing statement atau sambutan penutup berupa motivasi dan semangat bagi mahasiswa baru untuk menjalani perkuliahan kedepannya serta meeting diakhiri dengan foto bersama secara virtual.

Pembacaan Doa oleh Zuhri Azhari, S.Sos (Tenaga Kependidikan PGMI)

Editor : Heldanita

About Husnil Ahfan

Check Also

Iftar Ramadhan “Jadikan Ramadhan Semakin Berkah dengan Mempererat Ukhuwah”

Pekanbaru, 24 Maret 2024- Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), sukses menyelenggarakan acara …