FTK UIN SUSKA RIAU JALANKAN MISI PENJAJAKAN SOSIAL MEDIA DENGAN KONTEN EDUKASI

Pekanbaru, 23 Agustus 2021. Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Dr. H. Kadar, M.Ag. membuka kegitan bimbingan teknis pengelolaan situs dan media sosial di lingkungan fakultas secara daring. Bimbingan teknis ini akan dilaksanakan selama satu minggu ke depan, terhitung sejak tanggal 23 Agustus hingga 30 Agustus mendatang.

Kegiatan ini bertolak dari situasi dan kondisi yang saat ini menuntut seluruh pihak agar dapat memanfaatkan teknologi komunikasi secara maksimal sebagai sarana penyebaran informasi. Dalam kurun waktu satu minggu ke depan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan memfasilitasi peserta kegiatan bimbingan teknis ini dengan sejumlah materi yang urgen untuk dipahami dan dikuasai dalam hal mengelola situs dan juga media sosial, diantaranya materi tentang optimalisasi situs dan media sosial, hingga cara memanajemen konten untuk masing-masing laman tersebut.

Hari pertama kegiatan dibuka dengan materi optimalisasi media. Sesi ini menghadirkan dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Tika Mutia, M.I.Kom., sebagai salah satu pakar dalam bidang media sosial sebagai narasumber. Melalui pemaparan yang disampaikan di hari pertama, narasumber berusaha mendudukkan pemahaman kepada seluruh peserta bahwa sudah saatnya seluruh sivitas akademika tanggap terhadap perkembangan media sosial yang ada saat ini. Hal ini bertujuan agar para pendidik mampu menjajaki ruang yang ramai dikunjungi kawula muda, terutama mahasiswa, dengan beraga konten edukasi. Hal ini merupakan salah satu strategi yang dapat diupayakan agar peserta didik tidak ketinggalan pembelajaran (learning loss).

Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi tersebut juga menegaskan bahwasanya memang banyak konten di media sosial yang beredar saat ini tergolong konten yang kurang baik. Akan tetapi, hal itu tidak bisa dijadikan alasan untuk para sivitas akademika menolak untuk turut serta menjadi pengguna media sosial bersama dengan para peserta didik. Tenaga pengajar sebenarnya dapat mengupayakan untuk mengimbangi konten yang dianggap kurang baik dengan beraga, konten edukasi. Salah satu caranya adalah masuk ke tengah-tengah arus perkembangan dunia digital tersebut, dan mewarnai apa yang ada di dalamnya dengan hal-hal yang positif.

Memasuki hari kedua, materi yang diberikan sudah mengarah kepada praktik pembuatan konten, mulai dari artikel, video, dan akan terus berlanjut dengan konten lainnya hingga hari terkahir kegiatan yang telah tersusun sesuai jadwal.

Para peserta diarahkan bagaimana mereka bisa membuat konten yang bagus dan menarik, meskipun hanya menggunakan aplikasi yang sederhana. Meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara daring, namun para peserta terlihat sangat antusias dengan adanya bimbingan langsung dari para pakar di bidangnya.

About khusnal marzuqo

Check Also

Iftar Ramadhan “Jadikan Ramadhan Semakin Berkah dengan Mempererat Ukhuwah”

Pekanbaru, 24 Maret 2024- Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), sukses menyelenggarakan acara …