KULIAH UMUM SEMESTER GENAP TA. 2023/2024 MENGULAS MENGENAI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DENGAN PEMBELAJARAN ISLAMI PELUANG DAN TANTANGAN

Pekanbaru – Rabu, 07 Februari 2024. Bertempat dilantai 5 Rektorat UIN Sultan Syarif Kasim Riau gelar kuliah umum menandai perkuliahan Semester Genap akan dimulai. Kuliah umum kali ini dilaksanakan secara hybrid dengan peserta offline sejumlah 300 peserta terdiri dari 200 mahasiswa dan 100 orang dosen serta tendik. Turut hadir WD 1. Dr. Zarkasih, M.Ag., WD. 2 Prof. Dr. Zubaidah Amir MZ, M.Pd., WD.3 Dr. Amirah Diniaty, M.Pd.Kons, Kabag TU FTK Sarmadi, S.Ag., Kajur dan Sekjur selingkungan FTK dan Bapak Fuad selaku Perwakilan dari penerbit Raja Grafindo Persada. Pada kesempatan kali ini mengangkat tema mengenai “Penggunaan Teknologi dalam Mengembangkan Pendidikan secara Islami, Peluang dan Tantangan” dengan mengundang narasumber yaitu Prof. Dr. Okfalisa, ST, M.Sc. yang merupakan Profesor Sistem Informasi dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau.

Kegiatan ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UIN Suska, sambutan ketua panitia yakni Bapak Muhammad Iham Syarif, M.Pd., dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai peluang dan tatangan penggunaan teknologi dalam Pembelajaran Islam oleh Prof. Dr. Okfalisa, ST, M.Sc, serta sambutan Dekan sekaligus membuka perkuliahan semester genap, penandatangan kontrak Penerbitan Buku Ajar Terintegrasi Islam dan Pembagian Doorprize sekaligus penutup.

Pemateri mengungkapkan dengan adanya teknologi akan memudahkan bagi seorang pendidik maupun calon pendidik untuk menyampaikan ilmu pengetahuan yang memiliki keterbatasan dalam hal kehadiran, sehingga kehadiran kuliah akan maksimal sampai 16 kali pertemuan. Selain itu narasumber juga mengungkapkan beberapa video serta aplikasi yang dapat digunakan dan relevan dengan dengan kegiatan pembelajaran serta dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dan dosen mampu menggunakan secara bijak dan tanggung jawab perihal perkembangan teknologi saat ini. Dengan dibekali rasa tanggung jawab dan pengetahuan yang cukup, sehingga teknologi yang digunakan mampu mendukung kegiatan pembelajaran dan perkuliahan.

 

Penulis: Lailatul Munawwaroh, M.Pd.

About khusnal marzuqo

Check Also

MAHASISWA PGMI BERPRESTASI

PEKANBARU, 29 Maret 2024 – Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) ikut serta dalam lomba …