Prodi PGMI Adakan Visiting Lecturer dari Pakistan

Pekanbaru, 1 Mei 2024 – Program Studi PGMI UIN Sultan Syarif Kasim Riau menyelenggarakan Visiting Lecturer dengan tema “Elementary Science and Mathematics in Pakistan” pada hari Rabu, 1 Mei 2024, pukul 10.00 WIB. Acara ini dilaksanakan diadakan melalui daring dan dihadiri oleh para dosen, mahasiswa, dan praktisi pendidikan di bidang sains dan matematika.

Kegiatan dilaksanakan kolaborasi antara Laboratorium STEM, Prodi Tadris IPA dan Prodi S1 PGMI. Adapun peserta kegiatan Visiting Lecture ini yakni mahasiswa dan dosen, Prodi S1 PGMI dan Tadris IPA. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan III, Dr. Amirah Diniaty, M.Pd.Kons., beliau mengucapkan terima kasih kepada para narasumber atas kesediaannya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan para peserta. Beliau berharap acara ini dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan pendidikan sains dan matematika di Indonesia. Kemudian sambutan berikutnya yakni Muhammad Ilham Syarif, M.Pd., selaku kepala laboratorium STEM, Kaprodi S1 PGMI Subhan, M.Ag., serta Kaprodi Tadris IPA Hassanudin, M.Si.

Kegiatan inti kuliah umum dipandu oleh Riska Nurul Atika, M.Pd., dilanjutkan pemaparan materi menghadirkan narasumber utama dari Pakistan, yaitu Zenab Moiz, M.Ed. Beliau adalah seorang pakar pendidikan sains dan matematika dengan pengalaman mengajar yang luas di berbagai institusi pendidikan di Pakistan, yang memaparkan bagaimana Pembelajaran IPA dan Matematika dalam bidang Pendidikan Dasar yang terdapat dinegara Paskitan. Selain Zenab Moiz, acara ini juga menghadirkan narasumber dari UIN Suska, yaitu Muhammad Ilham Syarif, M.Pd. Beliau adalah Dosen Prodi PGMI UIN Suska yang memiliki keahlian di bidang sains dan matematika.

Dalam pemaparannya, Zenab Moiz menjelaskan tentang berbagai aspek pendidikan sains dan matematika di Pakistan. Beliau menjelaskan tentang kurikulum pendidikan sains dan matematika di Pakistan, metode pengajaran yang digunakan, serta tantangan dan peluang yang dihadapi dalam pendidikan sains dan matematika di negara tersebut. Zenab Moiz juga menekankan pentingnya pendidikan sains dan matematika bagi anak-anak di Pakistan. Beliau mengatakan bahwa sains dan matematika adalah kunci untuk kemajuan bangsa dan negara. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pendidikan sains dan matematika yang berkualitas kepada semua anak di Pakistan.

Kegiatan berlangsung sangat baik dengan berbagai antusias pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa. Terlihat bahwasanya mahasiswa sangat antusias dengan kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan kuliah tamu dengan menghadirkan pemateri dari Luar Negeri diharapkan dapat terjalin hubungan baik dengan Pakistan serta dapat melakukan kerja sama di bidang penelitian dan pengabdian.

 

Penulis: Lailatul Munawwaroh, M.Pd.

About khusnal marzuqo

Check Also

HMPS PGMI UIN Suska Riau Sukses Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Pekanbaru — Bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, Himpunan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah …