Tingkatkan Pemahaman: Kuliah Dosen Tamu tentang Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Alam dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di Prodi PGMI

Pekanbaru, 22 Mei 2024 – PGMI UIN Suska Riau, Kembali adakan kegiatan Visiting Lecture dalam Mata Kuliah Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika). Kegiatan visiting lecture ini menghadirkan pemateri Dosen PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yakni Ibu Ftri Yuliawati, S.Pd., M.Pd.Si., dosen pengampu mata kuliah Sains serta Pembelajaran IPA UIN Suka Jogja.

Kegiatan ini dimulai dengan Pembukaan oleh Moderator, Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, Doa dan Kata Sambutan dari Bapak Subhan, M.Ag. selaku kaprodi PGMI yang mengucapkan terimakasih kepada narasumber “Selamat dating di Bumi Lancang Melayu, semoga para mahasiswa dapat mengikuti kegiatan dosen tamu ini dengan sebaik-baiknya”. Kegiatan inti yakni kuliah tamu dipandu oleh Moderator yakni Ibu Lailatul Munawwaroh, M.Pd., dimulai dengan pembacaan curicullum vitae dan pengantar mengenai mata kuliah konsep dasar IPA. Narasumber mengungkapkan bahwa, sebagai seorang calon guru MI/SD jangan sampai memberikan konsep yang salah kepada peserta didik ketika kegiatan belajar mengajar. Dan hal penting yang disampaikan narasumber yakni bahwa dalam mengajarkan IPA bisa dilakukan dengan kegiatan praktikum sederhana, menggunakan benda yang ada dilingkungan sekitar. Kegiatan selanjutnya yakni mahasiswa diminta untuk melakukan berbagai percobaan sederhana yang berkaitan dengan IPA, serta menganalisis mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Adapun kegiatan ini akan tetap dilakukan oleh Prodi PGMI, dengan mendatangkan narasumber ataupun pakar dari luar berkaitan dengan mata kuliah keprodian PGMI. Dan bermanafaat bagi mahasiswa PGMI khususnya maupun civitas PGMI pada umumnya.

 

About khusnal marzuqo

Check Also

HMPS PGMI UIN Suska Riau Sukses Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Pekanbaru — Bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, Himpunan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah …