Prodi PGMI Hadiri Mukernas ke-10 Perkumpulan Dosen PGMI (PD-PGMI) di Bandar Lampung

Pekanbaru, 22 Juli 2024 – Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK UIN Suska Riau, menjadi bagian dalam kegiatan Mukernas ke-10 Perkumpulan Dosen PGMI (PD-PGMI) yang diselengarakan di Bandar Lampung dengan pelaksana yakni PGMI UIN Raden Intan Lampung. Adapun kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yakni pada tanggal 18-20 Juli 2024 bertempat di hotel Santika Premier Lampung. Adapun perwakilan dosen PGMI UIN Suska Riau yang mengikuti acara mukernas yakni, Bapak Subhan, M.Ag., selaku Kaprodi, Ibu Melly Andriani, M.Pd., selaku sekprodi, Ibu Dr. Nur Hasnawati, M.Pd., selaku kaprodi S2 PGMI, serta dosen S1 PGMI yakni Lailatul Munawwaroh, M.Pd.

Kegiatan dimulai dengan sambutan oleh ketua umum PD PGMI, Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I yang menekankan bahwa ini merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk pemutakhiran kurikulum PGMI seluruh Indonesia yang dapat meningkatkan akreditasi PGMI. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan ketua yakni Dr. Chairul Amaliyah, M.Pd, selaku kaprodi PGMI UIN RIL sekaligus ketua panitia, dengan mengucapkan “Selamat Datang di Bandar Lampung, kepada Seluruh Peserta” semoga nyaman dalam mengikuti serangkaian acara empat hari kedepan. Kemudian acara ini resmi dibuka pada Kamis, 18 Juli 2024, oleh Wakil Rektor Bidang I UIN Raden Intan Lampung, Prof. Dr. H. Alamsyah, M.Ag., dengan dihadiri 119 peserta dari 80 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) baik PTN maupun PTS dari seluruh Indonesia.  Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya untuk terus melakukan riset terhadap kurikulum agar ilmu yang dihasilkan relevan dengan perkembangan zaman. “Pemutakhiran kurikulum merupakan sebuah keniscayaan yang harus dilakukan oleh Program Studi PGMI”. Kompetensi lulusan Program Studi PGMI harus mampu menjawab kebutuhan pengguna dan tantangan perkembangan zaman,” ungkapnya.

Selain pembukaan resmi, hari pertama Mukernas PD-PGMI Indonesia ke-10 juga diwarnai dengan Seminar Nasional yang mengangkat tema “Peran Penting Kurikulum OBE Prodi PGMI Merujuk Permendibud-Ristek Nomor 53 Tahun 2023 untuk Akreditasi LAMDIK (Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan)”. Seminar ini menghadirkan pemateri tunggal yakni, Prof. Dr. H. Fauzan, M.A., yang dikenal sebagai pakar dalam bidang kurikulum pendidikan guru besar PGMI FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Prof. Fauzan didampingi oleh Dr. Sigit Dwi Laksono, M.Pd., dosen Prodi PGMI FAI Universitas Muhammadiyah Ponorogo, sebagai moderator. Diskusi dalam seminar ini membahas secara mendalam pentingnya adaptasi kurikulum OBE dalam Prodi PGMI guna meningkatkan kualitas dan akreditasi pendidikan di Indonesia.

Kegiatan hari ke-2 dan 3 dilanjutkan dengan Workhsop Pemutakhiran Kurikulum PGMI berbasis OBE atau Objective Based Education yang mengacu pada Permendikbud Nomor 53 tahun 2023, oleh semua anggota dengan dokumen yang sudah dirancang sebelumnya pada kegiatan pra-mukernas. Pada kegiatan hari ke-2 ini peserta dipandu dengan narasumber yakni Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I, Dr. Ahwy Octradiksa, M.Pd.I dan Fitri Yuliawati, S.Pd., M.Pd.Si. Mukernas PD-PGMI Indonesia ke-10 diharapkan menjadi momentum penting untuk membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya pada Program Studi PGMI. Melalui pemutakhiran kurikulum berbasis OBE dan implementasi Permendikbud-ristek No. 53 Tahun 2023, para peserta mukernas berkomitmen untuk menciptakan kurikulum yang tidak hanya memenuhi standar akreditasi LAMDIK, tetapi juga mampu menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan global. Hari pertama kegiatan ini telah memberikan energi positif dan optimisme untuk langkah-langkah selanjutnya dalam mewujudkan pendidikan berkualitas di Indonesia.

Kegiatan Mukernas PD-PGMI Indonesia ke-10 yang berlangsung di UIN Raden Intan Lampung resmi ditutup oleh Rektor, Prof. H. Wan Jamaluddin Z., M.Ag., Ph.D. Acara penutupan ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Prof. Dr. Hj. Nirva Diana, M.Pd., beserta jajarannya, serta Ketua Prodi PGMI FTK UIN Raden Intan Lampung, Dr. Chairul Amriyah, M.Pd. Dalam sambutannya, Rektor mengungkapkan rasa gembira dan bangganya terhadap pelaksanaan mukernas kali ini yang tidak hanya bersifat seremonial, tetapi juga benar-benar produktif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Prodi PGMI dan pendidikan dasar di Indonesia.

Dengan keikutansertaan dosen PGMI UIN Suska Riau, dalam ajang kegiatan Mukernas PD-PGMI ke-10 tidak semata-semata hanya kegiatan ceremonial saja, akan tetapi dapat terlibat aktif dalam workshop dan musyawarah nasional. Sehingga para dosen tidak hanya mendapatkan wawasan baru terkait pemutakhiran kurikulum, tetapi juga memperluas jejaring akademik dan profesional dengan rekan-rekan seprofesi dari berbagai daerah. Dan dapat meningkatkan mutu PGMI UIN Suska Riau dalam menjawab kebutuhan pengguna dan tantangan perkembangan zaman, terutama kebutuhan dalam bidang Pendidikan Dasar.

Kegiatan MOU dengan Prodi PGMI STIT Al-Mubarok
Bandar Mataram Lampung Tengah

About khusnal marzuqo

Check Also

HMPS PGMI UIN Suska Riau Sukses Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Pekanbaru — Bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, Himpunan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah …