Perkumpulan Pengelola Jurnal PGMI Se-Indonesia Gelar Mukernas Pertama di UIN Syarif Hidayatullah

Tangerang Selatan (25 Agustus 2024) – Pengelola jurnal PGMI seluruh Indonesia menggelar mukernas pertama yang diadakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Jumat-Minggu (23-25 Agustus 2024). Setidaknya mukernas ini dihadiri oleh pengelola jurnal PGMI seluruh Indonesia yang berjumlah 45 orang, yang merupakan perwakilan pengelola jurnal baik PTN maupun PTS PGMI seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara hybrid. Salah satunya adalah Lailatul Munawwaroh, M.Pd. yang mewakili UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Kegiatan diawali dengan sambutan Ketua Mukernas PPJ PGMI 2024 Fathkul Arifin, M.Pd. yang mengungkapkan “Selamat Datang Peserta Mukernas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta”. Pada kesempatan itu juga hadir Kaprodi PGMI UIN Jakarta Dr. Dindin Ridwanudin, M.Pd., yang mengungkapkan bahwa perhimpunan ini akan berdampak banyak bagi dari segi kurikulum, akreditasi dan meningkatnya peringkat akreditasi jurnal. Tampak hadir juga perwakilan pengurus PD-PGMI Indonesia Dr. Ahwy Oktradiksa, M.Pd.I, yang menyebutkan dengan adanya kegiatan ini besar harapannya dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas jurnal, serta sebagai ajang untuk sharing bersama-sama dengan para pengurus jurnal.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan I FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Yanti Herlanti, M.Pd.  Beliau mengungkapkan “Para pengelola jurnal ini merupakan mujahid mujahidah, mereka bekerja ikhlas lillahi ta’ala untuk membatu orang lain”. Serta mengapresiasi bahwa dalam asosiasi PD-PGMI didalamnya terdapat perkumpulan pengelola jurnal, dimana nantinya para pengelola jurnal ini dapat saling menyemangati dan berkolaborasi. Bahkan lebih lanjut beliau mengungkapkan, tidak menutup kemudian untuk melakukan elaborasi riset secara bersama-sama.

Sedangkan pemateri utama yakni diawali oleh Dr. Hamdan Husein Batubara, M.Pd.I., yang memaparkan mengenai sembilan kriteria tentang penilaian substansi oleh Arjuna, serta dijelaskan dengan detail setiap point (Penulisan Artikel Jurnal Sesuai Standar Akreditasi Jurnal Nasional dan Internasional). Pemateri kedua yakni Asep Ediana Latip, M.Pd., yang memberikan paparan materi mengenai strategi dalam editing dan reviewing.

Selain itu juga ada Workshop Tata Kelola Jurnal Elektronik dengan Standar ARJUNA dengan narasumber Eva Lutfi Fakhru Ahsani, M.Pd.,; dan Workshop Indeksasi Jurnal (Portal Garuda, DOAJ & Scopus) dengan pemateri Dr. Ahmad Arifuddin, M.Pd. Serta Praktik Pengelolaan Jurnal Elektronik dengan Standar ARJUNA, dan Evaluasi Diri Menuju Akreditasi bersama narasumber Eva Lutfi Fakhru Ahsani, M.Pd, Dr. Ahmad Arifuddin, M.Pd., dan Dr. Hamdan Husein Batubara, M.Pd.I.

Adapun pada kegiatan terakhir menghasilkan kesepakatan bahwa mukernas ke-2 dilaksanakan di Universitas Islam Malang, serta pengurus PJJ PGMI akan melakukan pendampingan berkala secara rutin bagi jurnal-jurnal PJJ PGMI.

 

About khusnal marzuqo

Check Also

HMPS PGMI UIN Suska Riau Sukses Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Pekanbaru — Bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, Himpunan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah …