Usung Tema Merevolusi Generasi “Ciptakan Peradaban Insani Menuju Tarbiyah Berprestasi” : Prodi PGMI Ikuti PBAK Tingkat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Pekanbaru, 29 Agustus 2024 – Sejumlah 169 mahasiswa baru Prodi PGMI UIN Suska Riau mengikuti kegiatan PBAK tingkat fakultas yang diselenggarakan digedung Pusat Kegiatan Mahasiswa. Adapun seluruh peserta yang mengikuti kegiatan PBAK ini berjumlah kurang lebih 1700 mahasiswa. Kegiatan diawali dengan kirab pimpinan fakultas, pimpinan prodi beserta pengurus HMPS yang masuk dalam ruangan kegiatan.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Indah Wati, S.Pd., M.Pd.E, yang melaporkan kegiatan yang berlangsung hari ini. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dr. H. Kadar, M.Ag., yang mengenalkan para pimpinan prodi dan sekilas mengenai prodi-prodi yang ada di FTK. Beliau mengutip dari kitab Ta’līm al-Muta’allim Tarīq al-Ta’allum, bahwa syarat menjadi orang berilmu yakni : 1) potensi, memanfaatkan potensi berupa indra zohir, indra batin dan indra qalbu; 2) loba, yaitu rakus pada ilmu; 3) sabar dalam menuntut ilmu; 4) ada penunjang atau fasilitas untuk belajar namun tidak berfoya-foya; 5) waktu yang sangat lama; 6) menuruti arahan guru.

Materi inti dilanjutkan dengan pemaparan panel yang dipandu oleh moderator yakni Joko Pamungkas, yang disampaikan oleh Wakil Dekan 1, 2 dan 3, serta Kepala Bagian Tata Usaha yang menyampaikan mengenai sistem perkuliahan, sistem administrasi, program kegiatan mahasiswa, kode etik mahasiswa, serta kerjasama. Dan kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh mahasiswa baru dengan para pemateri.

Pemateri luar lainnya yakni Eko Wibowo, M.Pd., yang memotivasi mahasiswa baru untuk selalu berprestasi dan mempunyai jaringan yang luas. Serta tidak hanya mengikuti kegiatan perkuliahan saja, tapi bisa diimbangi dengan mengikuti kegiatan organisasi baik didalam maupun luar kampus sesuai bakat, minat serta potensi. Dan kegiatan diakhiri dengan foto bersama-sama serta doa.

About khusnal marzuqo

Check Also

BSI Scholarship Tahun 2024

BSI Scholarship merupakan Program Beasiswa Jenjang Sarjana yang bertujuan untuk membentuk pemimpin masa depan umat …