Cerita Inspiratif Raih IPK 3,84 : Salsabila, Lulus 7 semester di prodi PGMI Jadi Pemuncak Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Pekanbaru – Rabu (26/07). Salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Salsabila Azhara Bakri meraih prestasi membanggakan. Caca, panggilan akrabnya, menjadi pemuncak di tingkat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan hanya selisih 0,1 dengan pemuncak Universitas dalam acara Sidang Terbuka Senat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Wisuda Sarjana ke-96 yang diselenggrakan di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Rabu (26/07).

Caca meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,84 dan meraih predikat dengan Pujian. Selain itu, Caca juga menjadi pemuncak di tingkat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Tak hanya unggul dalam bidang akademik, Caca juga aktif di beberapa kegiaatan organisasi kampus dan memiliki prestasi non akademik. Pada tahun 2022 menyabet gelar juara I pada lomba media pembelajaran pada kegiatan MUSWIL I IMPI ke-6 se-Sumatera yang digelar HMPS PGMI UIN Imam Bonjol Padang. Selain itu caca juga pernah meraih juara I pidato Putri berbahasa Inggris dan menjadi santri terbaik di Asrama Putri UIN Suska Riau. Menurut Caca , ada beberapa tips untuk meraih nilai terbaik. Diantaranya fokus, disiplin, tidak menunda-nunda untuk mengerjakan tugas, menjadi kunci bagi Caca menyelesaikan studinya secara maksimal.

Putri kedua dari pasangan Bapak Bakri S.Pd yang bekerja sebagai karyawan swasta dan Ibu Yanti Elvina, M.Pd yang berprofesi sebagai Kepala Sekolah SD Babussalam ini mengungkapkan diri nya sangat bersyukur sekaligus tidak menyangka atas gelar pemuncak fakultas yang dia terima  “Alhamdulillah, sangat terharu dan berterima kasih banyak kepada Allah SWT, Keluarga, Kaprodi PGMI, Sekprodi PGMI, Tenaga Kependidikan PGMI, serta teman-teman terkhusus Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah karena sudah membimbing Caca hingga sampai ke tahap ini dan memperoleh gelar sarjana”, ujar Caca ketika diwawancarai via Google Meet pada Selasa (02/8).

Caca  juga mengungkapkan sangat menikmati perjalanan kuliahnya di PGMI Dengan dosen dan tenaga kependidikan yang ramah dan komunikatif juga menjadi kemudahan bagi Caca untuk menyelesaikan kuliahnya dengan sesegera mungkin. Ternyata selama mengikuti perkuliahan,  Caca sangat menyukai mata kuliah statistika yang biasa kurang disukai  oleh sebagian mahasiswa. Menurut caca ia menyukai mata kuliah statistika karena ia sangat menyukai matematika.

Kedepannya Setelah lulus, Caca pun ingin langsung mempraktikkan ilmunya di dunia kerja. Dan sekarang Caca sudah menjadi Calon mahasiswa PPG Prajabatan yang memasuki seleksi yang ketiga “Dan saya berharap dan mohon doanya buk agar diterima menjadi mahasiswa PPG” ujarnya. Apabila ada rezeki di kemudian hari dan kemudahan yang di dapatkannya dia berencana untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu program Magister PGMI dan juga berencana anak ke-2 dari tiga bersaudara ini, bercita-cita membangun Sekolah jenjang Sekolah Dasar, dimana nantinya sekolah tersebut dapat memberikan pendidikan gratis bagi yang kurang mampu (merangkul semua kalangan). Ciri khasnya, bukan hanya memiliki ilmu agama dan umum, tetap ada kegiatan yang mampu mengakomodir minat dan bakat peserta didik.

Penulis: Melly Andriani, M.Pd. dan Lailatul Munawwaroh, M.Pd.

About khusnal marzuqo

Check Also

MAHASISWA PGMI BERPRESTASI

PEKANBARU, 29 Maret 2024 – Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) ikut serta dalam lomba …