DOSEN PGMI UIN SUSKA RIAU BERSINERGI DENGAN MIN 1 DUMAI ADAKAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL ASESMEN

Dumai – Senin, 06 November 2023. Sejumlah Dosen PGMI UIN Suska Riau adakan pendampingan penyusunan soal asesmen di MIN 1 Kota Dumai. Pada Kegiatan Pendampingan Menyusun Soal Asesmen ini di pimpin oleh Tim Dosen PGMI UIN SUSKA RIAU Pekanbaru [Ketua TIM Pengabdian yakni Melly Andriani, M. Pd. dan Anggota Tim yakni Lailatul Munawwaroh, M.Pd., serta bersinergi dengan narasumber para ahli materi evaluasi dan materi pokok MI yakni Subhan, M.Ag, Muhammad Ilham Syarif,M.Pd, Dr. Mimi Hariyani, M.Pd.

Para peserta ini adalah seluruh guru MIN 1 Kota Dumai yang berjumlah 40 orang. Para peserta antusias dan mengikuti dengan baik kegiatan Pendampingan Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyusun Soal Asesmen Madrasah Untuk Menyongsong PISA 2025. Kepala MIN 1 Kota Dumai Harianto, S.Pd, MA.,sangat mengapresiasi Kegiatan Pendampingan Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyusun Soal Asesmen Madrasah Untuk Menyongsong PISA 2025 dan diharapkan dapat meningkatkan kompetensi Guru MIN 1 Kota Dumai dalam membuat Asesmen Pembelajaran.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB, kegiatan dilakukan pertama adalah materi dan contoh–contoh soal HOTS, LOST, dan MOST yang disampaikan oleh  Bapak Subhan, M.Ag.,  Kemudian dilanjutkan dengan workshop penulisan soal-soal yang sudah dirancang oleh guru-guru.  Penulisan soal-soal berpedoman pada dokumen SK Dirjen Pendis tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Asesmen Madrasah TP. 2022/2023. Serta Guru harus mengkategorikan soal  berdasarkan 3 tingkatan kesulitan soal  yaitu HOTS (Higher Order Thinking Skills), MOST (Lower Order Thinking Skills), dan LOST (Lower Order Thinking Skills). Bentuk soal HOST mengacu kepada  kemampuan kognitif C6, C5, C4. Bentuk Soal MOST mengacu kepada  kemampuan kognitif C3 dan C2, sedangkan untuk LOST mengacu kepada kemampuan kognitif C1.

Dan dilanjutkan kegiatan berikutnya yakni sharing session dengan pemateri lain yakni membahas mengenai soal-soal yang berhubungan dengan Pembelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Agama di Madrasah Ibtidaiyah.

Penulis: Lailatul Munawwaroh, M.Pd.

About khusnal marzuqo

Check Also

MAHASISWA PGMI BERPRESTASI

PEKANBARU, 29 Maret 2024 – Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) ikut serta dalam lomba …